10 Tips Harian Sederhana Menjaga Kesehatan

Sehat adalah dambaan banyak pihak. Tua muda, kaya miskin, penduduk kota desa, pokoknya semua insan di dunia sangat mendambakan sehat seumur hidupnya.

O la la sakit baik ringan atau berat sering mampir dalam jasmani diantara kita. Ada yang sakit kepala, ada yang pilek, ada yang terkena penyakit lebih berat lagi seperti stroke, diabetes, kanker dan lain sebagainya. Masalahnya dua hal kalau sakit yaitu tidak bisa menikmati hidup seperti orang normal dan kedua kehilangan waktu dan finansial sehubungan sakit tersebut.

Untuk orang bijaksana sakit sering dianggap waktu untuk introspeksi, waktu untuk mengerem keinginan dan melihat tingkah polah selama ini sehingga bisa sakit. Apapun bisa jadi justifikasi dan pembenaran setelah sakit, tetap saja sakit tidak mengenakkan. Kalau ada yg mau menggantikan atas sakit tersebut sungguh membahagikan. Justru anehnya sakit tak bisa digantikan pada pribadi lainnya.

Nah berikut adalah tips sederhana harian untuk menjaga kesehatan tiap kita masing-masing.

    Jaga pola makanan : makanan yang mengandung minyak, berlemak, gorengan dan bakaran memberikan kontribusi kemungkinan penyakit bisa datang. Lebih baik makan makanan yang  direbus, makanan yang bersih, mengandung buah dan sayuran serta makanan yang segar. Makanan yang berisiko di atas tetap dimungkinkan dimakan tetapi tentunya dalam kadar yang sedikit atau sesekali saja.

    Tidur cukup sangat dianjurkan, sehubungan badan membutuhkan pemulihan sekitar 6 sd 8 jam, pemulihan berguna untuk merelaksasi otot  yang capai dan menggantikan sel-sel yang rusak. saat pemulihan yang tepat adalah pada waktu tidur nyenyak. Sebagai manusia normal jam biologis tidur adalah di malam sampai pagi hari. Jika badan kurang pemulihan lama-kelamaan badan akan keropos karena antara kesegaran dan kerusakan lebih cepat pertambahan  kerusakan sel dalam tubuh. Menurut penelitian waktu pemulihan yang tepat biasanya antara jam 11 malam sampai 2 pagi. Dengan demikian waktu tersebut sebaiknya kita dalam masa tidur istirahat nyenyak. Jikapun ada kegiatan, kepentingan atau pekerjaan yang penting sebaiknya sesekali saja dan atau ada waktu pengganti atas kekurangan tidur tersebut.

    BAB (Buang Air Besar) sebaiknya dilakukan tiap hari minimal satu kali. Logikanya sederhana,  makanan dicerna dalam proses metabolisma dalam tubuh dan ampasnya atau kotorannya terkumpul di ‘tempat penampungan terakhir dalam tubuh’. Tidak baik khan membawa sampah ke mana-mana lama sehingga membusuk dan risiko untuk terkena penyakit lebih besar. Disarankan BAB  secara regular, biasanya  dilakukan tiap pagi hari sehabis bangun sehingga pagi dihadapi dengan segar dan bersih karena badan telah bersih dari kotoran.

    Minum air putih, murni dan segar sangat penting tiap hari setidaknya 8 gelas atau minimal 2 liter per hari. Dalam metabolisma badan, air merupakan komponen yang penting> Proses tersebut menjadi sempurna dan tidak membebani atau mengotori salah satu bagian tubuh jika air ayng dikonsumsi cukup, bersih dans egar.

    Sarapan adalah seakan mengisi bensin sebelum mulai melakukan kegiatan. Jika bensin belum diisi maka energi yang digunakan antara kegiatan bangun tidur sampai makan selanjutnya (biasanya makan siang) tentunya digunakan dari cadangan di tubuh. Alangkah baiknya jika bensin diisi terlebih dahulu sehingga bekerja bisa lebih bertenaga, lebih segar dan menambah cadangan energi untuk kegiatan hari tersebut. Memang sebaiknya makan pagi tidak harus berat karena kegiatan di pagi hari cukup singkat yaitu antar bangun pagi dan waktu makan selanjutnya (makan siang).

    Istirahat dan atau tidur sejenak di siang hari, meski sangat sulit dilakukan dengan kegiatan yang padat dan kompetitif seperti sekarang siklus ini menurut pendapat saya penting. Sudah menjadi kebiasaan waktu kecil dan di asrama, waktu sitirhat siang dianjurkan agar bsia melanjutkan kegiatan siang sampai malam lebih bertenaga dan segar lagi. Seperti halnya kegiatan yang mulai menaik alias makin aktif dari pagi sampai siang, sebaiknya istirhat sejenak untuk menurunkan dan merelaksasi untuk kemudian diteruskan pada sesi siang sampai malam.

    Makan secukupnya adalah pola makan yang dijalanin bapak saya selama lebih dari 40 tahun, dalam arti makanan menjadi penting untuk melaksanakan kegiatan hari ini, jika berlebihan atau kekurangan tentunya akan menumpuk di bdan bisa berisiko menimbulkan penyakit jika sangat berlebihan atau sangat kekurangan. Cara yang dilakukan yaitu tidak menambah makan secukupnya sekali ambil di piring yang telah dijalani selama puluhan tahun tersebut. Sejak muda sampai saat ini bapak tidak pernah ke dokter,  karena dirasa tidak diperlukan. Memang kadang kurang enak badan atau sakit ringan yang penyembuhannya cepat seperti pilek, batuk saja.

    Berolahraga secukupnya, secara sederhana otot dan seluruh badan akan lebih kuat apabila ada olahraga yang cukup, tidak berlebihan atau ekstrim yang satu tidak olahraga sama sekali. Berolahraga melatih bagaian badan untuk lebih kuat, lebih terbiasa dan meningkatkan proses metabolisma secara lebih sempurna. Beberapa olahraga ringan seperti jalan kaki, berenang santai, naik sepeda, peregangan ringan, menari ringan dan oalahraga lain dengan kadar sesuai usia dan kepadatan agenda kerja. Tentunya makin padat dan sibuk kegiatan harian porsi olahraga perlu disesuaikan  untuk emngimbangi irama kegiatan.

    Relaksasi, travelling, bersosialisasi dan menjalankan hobby, merupakan kegiatan yang sungguh bisa membuat senang. Jika hati dan perasaan senang tentunya badan lebih sehat. Hidup itu indah dan bisa dinikmati secara lebih menyenangkan dengan life style unik yang berbeda satu pribadi dengan pribadi lain. Kebahagiaan didefinisikan dan dirasakan masing-masing pribadi, dengan demikian kegiatan ini spesifik untuk tiap pribadi. Alangkah baiknya mengikuti komunitas yang mempunyai hobby yang sama, sehingga akan meningkatkan rasa bahagia, apalagi kegiatan ayng menyenangkan itu diperoleh dari lingkungan terdekat seperti satu keluarga, satu tempat kerja atau antar tetangga.

    Bersyukur dan berdoa adalah satu hal yang perlu dilakukan tiap waktu. Hal ini tidak perlu dijelaskan tentunya tiap pribadi mengamini.

Demikian 10 tips sederhana harian untuk menajga kesehatan. Anda punya tips tersendiri ? Moga-moga sharing ini bergun  dan Anda tetap menjaga kesehatan karena itu penting untuk bisa berbahagia dan melakukan kegiatan dengan sebaik-baiknya.

Salam.

Sumber
http://kesehatan.kompasiana.com/alternatif/2011/05/26/10-tips-harian-sederhana-menjaga-kesehatan-367518.html



@



0 komentar:

Posting Komentar - Kembali ke Konten

10 Tips Harian Sederhana Menjaga Kesehatan